RadarURL

Menghemat Penggunaan Memory RAM Windows

Wednesday, September 14, 2011


Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa memory memegang peranan yang sangat penting bagi suatu sistem operasi, bukan hanya pada windows tetapi juga OS lainnya. Tetapi kali ini saya akan memberikan tips tentang cara menghemat penggunaan memory pada windows.



Setelah saya perhatikan, penggunaan memory di windows itu selalu menyesuaikan dengan total size RAM, misalnya : pada komputer dengan RAM 4GB tentu saja penggunaan memorynya akan lebih besar daripada komputer dengan RAM hanya 512MB, jadi ya seperti windows melakukan adaptasi sesuai dengan hardware.
Cara ini tidaklah terlalu sulit, karena kali ini kita akan menggunakan suatu software buatan PCWintech yaitu CleanMem. Dengan software ini dapat “melegakan” RAM, tetapi bukan dengan cara yang seperti pada software sejenis yang akhirnya berakibat pada lambatnya respons pc.

Sebelum

TaskmanBefore thumb Menghemat Penggunaan Memory RAM Windows

Sesudah

TaskmanAfter thumb Menghemat Penggunaan Memory RAM Windows
Terlihat sekali kan perbedaannya ? prinsip kerjanya yaitu dengan meminimalkan mem. usage setiap process sehingga akan mempengaruhi penggunaan memory secara keseluruhan :-). Screenshot tsb saya ambil dengan PC dengan spesifikasi : P4 2.4GHz (OC 2.7Ghz), RAM 512MB..

Download

  1. Download cleanmem_v2.0.2.zip atau buka PCWintech untuk memilih versi install atau portable.
  2. Extract Semua file didalam folder tsb ke folder terserah, lalu double klik Install_32bit_OS.bat
  3. That’s it !.. secara default optimisasi akan dijalankan setiap 15 menit, untuk mengubahnya silahkan masuk ke Control Panel >> Scheduled Task.

Sumber : http://www.arifblog.info


Post a Comment

Blog Archive

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP